Suwirta - Kasta Jalankan Program Sosial

Kamis, 3 Juli 2014 21:29:00 - Posting by - 3548 views
Suwirta - Kasta Jalankan Program Sosial

Sentralbali.com – Program sosial sepertinya menjadi gebrakan utama kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Klungkung Nyoman Suwirta dan Made Kasta, tiada hari tanpa komunikasi dengan masyarakat.

Tak hanya mencari tahu kondisi wilayah yang dipimpinnya tapi duet Suwirta-Kasta langsung meringankan beban masyarakat yang kondisi perekonomiannya memprihatinkan.

Tak mengenal waktu, Minggu (22/12/2013), bupati dan wakil bupati Klungkung tetap anjang sana, menyasar rumah Wayan Merta 45 asal Banjar Timbrah, Desa Paksebali, Dawan Klungkung.

Merta adalah salah satu warga miskin di Desa tersebut, kondisi Merta sakit-sakitan menambah penderitaan manakala harus memenuhi kebutuhan lima anaknya.

Merta lelaki 45 tahun sebagai kepala keluarga tak mampu bekerja lagi akibat sakit. Sementara sang istri sebagai penopang perekonomian keluarga hanya berjualan Ceper dan Canang di pinggir jalan Satria. “Ya sehari terkadang dapat Rp 25 ribu,” ujar Nengah Merti istri Merta.

Pada kunjungan tersebut Bupati Klungkung Suwirta menyerahkan bantuan berupa beras, mie instan dan dua kasur lipat.

Awalnya Suwirta hanya membawa beras dan mie, tapi setelah melihat kamar Merta dan anak anaknya tanpa kasur langsung berinisiatif memberikan kasur lipat. Program selanjutnya dalam waktu dekat akan mendapat bantuan bedah rumah senilai Rp 20 juta.

Suwirta mengakui bantuan ini sifatnya hanya sementara. Terpenting bagaimana keluarga ini bisa mandiri. Sayangnya ketika anak pertama disarankan kursus menjahit, yang bersangkutan tidak bersedia, karena tidak hobi.

Sementara, Wakil Bupati Klungkung Made Kasta akan mencari tingkat kebenaran jumlah KK miskin, yang akan digali melalui laporan dari camat. “Agenda kami mencari masukan dari camat supaya melakukan presentasi data kemiskinan di wilayahnya, dari hasil tersebut menjadi acuan untuk mencari solusi terbaik,”pungkasnya.

Tags #suwirta - kasta jalankan program sosial

Mitra Praja Utama

Biro Tata Pemerintahan Setda Provinsi DKI Jakarta
Gedung Balaikota Blok G Lantai 10
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 8-9 Jakarta
Telepon/fax: (021) 380 9119

Provinsi MPU

NTT
Banten
NTB
Lampung
Bali
Jawa Timur
DI Yogyakarta
Jawa Tengah
DKI Jakarta
Jawa Barat