Ganjar : Forum Gubernur se Jawa-Bali Plus, Bisa Jadi Kekuatan Luar Biasa

Jum`at, 24 Februari 2017 18:12:00 - Posting by - 1113 views

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, mengusulkan agar forum yang diikuti oleh 10 Gubernur di Pulau Jawa dan Bali ditambah Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Lampung, menjadi komunitas yang kuat dalam menyikapi kebijakan pemerintah pusat.

Hal itu dikatakannya dalam acara Forum Kerjasama Daerah Mitra Praja Utama XVI tahun 2016, yang digelar di Hotel Gumaya, Jalan Gadjah Mada, Kota Semarang, Kamis (29/9/2016).

"Karena ini Jawa, Bali, NTT, NTB dan Lampung. Artinya ini Jawa Plus, sehingga jika dikumpulkan bisa jadi kekuatan yang luar biasa. Maka jejaring ini akan kita coba optimalkan," kata Ganjar.

Menurutnya, potensi ini bisa diarahkan untuk mendukung program-program pemerintah pusat. Mitra Praja Utama (MPU) harus bisa jadi tulang punggungnya. Sehingga ketika ada persoalan di pusat, bisa diselesaikan bersama.

"Misalnya KTP sekarang kok sulit, maka kita bisa menginisiasinya, masa di tempat kita masing-masing tidak bisa," ujarnya.

Contoh lainnya, kata Ganjar, misalnya Presiden melakukan penekanan pada sektor pariwisata, maka melalui konektivitas MPU ini memiliki peranan untuk mendukungnya. Begitupula mengenai keamanan daerah, dan pencegahan terorisme.

Sejauh ini, arah pembahasan forum MPU 2016 ini adalah masih pada upaya membentuk konektivitas antar provinsi dalam pengendalian ekonomi dan inflasi, optimalisasi UMKM, dan pariwisata.

"Saya sih berharap ada sistem informasi yang terkoneksi beberapa komoditas sehingga kita bisa saling mengisi," katanya.

Kepala Biro Otonomi Daerah dan Kerjasama Setda Provinsi Jateng, Riena Retnaningrum menambahkan, forum Gubernur se Jawa-Bali dalam periode 10 tahunan ini nantinya akan membuat rekomendasi ke pemerintah pusat mengenai kebijakan di 2017.

Adapun acara ini digelar selama tiga hari mulai Rabu (28/9/2016) sampai Jumat (30/9/3016), di hari terakhir aka nada kegiatan City Tour. "Para Gubernur atau yang mewakili nantinya akan mengunjungi sejumlah obyek wisata di Jateng terutama di Semarang," kata Riena.(*)

Tags #

Mitra Praja Utama

Biro Tata Pemerintahan Setda Provinsi DKI Jakarta
Gedung Balaikota Blok G Lantai 10
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 8-9 Jakarta
Telepon/fax: (021) 380 9119

Provinsi MPU

NTT
Banten
NTB
Lampung
Bali
Jawa Timur
DI Yogyakarta
Jawa Tengah
DKI Jakarta
Jawa Barat