Menko Perekonomian: Koordinasi Adalah Kunci Sukses Kedaulatan Pangan Nasional

Jum`at, 24 Februari 2017 20:22:09 - Posting by - 1992 views

Jakarta- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Sofyan A. Djalil menghadiri Rapat Kerja Gubernur Forum Kerjasama Daerah Mitra Praja Utama XIV 2014 di Hotel Borobudur, Jakarta (27/11).  Pada acara bertema “Menjalin Sinergitas Kompetensi dan Kapasitas Daerah Dalam Rangka Membangun Kedaulatan Pangan” itu, Menko Perekonomian berkesempatan memberikan sambutan sekaligus membuka rangkaian acara. 

 

Dalam sambutannya Menko Perekonomian menekankan pentingnya koordinasi antar daerah dan instansi untuk dapat menyelesaikan berbagai proyek terkait pembangunan nasional. Karena pembangunan ekonomi harus bersinergi satu sama lain dan tidak bisa dikelompokkan dalam wilayah politik.

 

“Pembangunan ekonomi baru bisa efektif kalau misalnya wilayah politik ini tidak terlalu kental pagarnya”, ujarnya.

 

Menko Perekonomian menyatakan, seringkali ditemukan “sekat pemisah” berupa peraturan daerah masing-masing, unsur emosional, unsur teritorial, serta unsur kebanggaan daerah yang  membuat koordinasi menjadi sulit dan berakibat pada terhambatnya proyek pembangunan berjalan. Untuk itu, Menko Perekonomian sangat mengapresiasi adanya Forum Kerjasama Daerah Mitra Praja Utama ini agar berbagai masalah yang dihadapi oleh tiap-tiap daerah dapat dicari solusinya bersama. Terutama untuk permasalahan terkait pangan dan pertanian.

 

Indonesia adalah negara dengan potensi sumber daya hayati yang besar. Sangat disayangkan ketika Indonesia harus mengimpor sejumlah produk hasil pertanian dari negara lain. Oleh karena itu Menko Perekonomian mengajak 10 provinsi yang tergabung dalam Forum Kerjasama Daerah Mitra Praja Utama untuk bersama-sama mencari jalan keluar atas permasalahan tersebut. Menko Perekonomian juga bersedia untuk ikut membantu jalannya koordinasi dengan cara mengadakan rapat teknis dengan daerah serta memberi bantuan tenaga ahli atau konsultan agar tercipta suatu kebijakan (policy) yang baik, efektif, dan efisien.

Tags #

Mitra Praja Utama

Biro Tata Pemerintahan Setda Provinsi DKI Jakarta
Gedung Balaikota Blok G Lantai 10
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 8-9 Jakarta
Telepon/fax: (021) 380 9119

Provinsi MPU

NTT
Banten
NTB
Lampung
Bali
Jawa Timur
DI Yogyakarta
Jawa Tengah
DKI Jakarta
Jawa Barat